5 WISATA ALAM MENARIK DI YOGYAKARTA YANG MESTI KAMU KUNJUNGI SEBELUM KAMU MATI



Air Terjun Sri Gethuk (Sumber: datawisata.com)

Kota Yogyakarta atau yang lebih familier disebut Kota Jogja memang menyimpan warisan budaya serta alam yang eksotis dan menarik. Tidak hanya itu saja, kota yang dijuluki sebagai Kota Pelajar ini juga menawarkan keindahan objek wisata nan memanjakan mata dan menyejukkan sanubari. Banyak destinasi wisata unggulan yang dapat kamu kunjungi dan nikmati di Kota Gudeg ini, entah itu bersama keluarga, rekan kerja, teman, maupun kekasih Anda tercinta. Di antara berbagai objek wisata pilihan di Yogyakarta, wisata alam sejatinya masih menjadi destinasi liburan favorit para pelancong, baik domestik maupun internasional.

5 Wisata Alam Terdekat yang Favorit sekaligus Menarik di Kota Yogyakarta

Keindahan alam di Yogyakarta tak hanya terkenal dengan keelokan Pantai Parangtritisnya, sebab masih banyak lagi objek wisata alam asri yang mesti kamu kunjungi, ketika kamu berada di Kota Yogyakarta. Nah, mari kita simak 5 objek wisata alam di Jogja yang menarik untuk dimasukkan ke dalam daftar liburanmu.

Gunung Nglanggeran

Pertama, kita punya Gunung Api Purba Nglanggeran. Masih ingat potongan lirik lagunya Didi Kempot ‘kan? “Ademe Gunung Mrapi Purbo, ing Nglanggeran Wonosari Jogjokarto”, lewat lagu Banyu Langit ini mungkin Lord of the Broken Heart ingin mengenalkan keindahan kawasan ekowisata ini kepada anak-anak muda masa kini, terutama yang lagi patah hati?

Wisata alam Nglanggeran terletak di Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta. Objek wisata alam ini berjarak 20 km dari Kota Wonosari, dan 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Di  tempat wisata ini kamu ditawarkan petualangan liburan yang tak akan terlupakan seumur hidupmu. Keindahan pemandangan dari puncak Gunung Api Purba yang memiliki ketinggian 700 meter ini dapat kamu nikmati setelah kamu dapat melewati trek pendakian (berhiaskan bebatuan raksasa) yang sudah tersedia di Kawasan wisata alam ini. Selain dapat merasakan segarnya udara pegunungan, kamu juga bisa melihat keindahan waduk Nglanggeran dari puncak Gunung Api Purba. Bagi anak senja, Nglanggeran juga cocok sebagai spot melihat sunset, asal tidak mendung.

Kawasan Wisata Nglanggeran tidak hanya sebagai objek wisata biasa, sebab Anda juga dapat menemukan penginapan yang dikelola oleh warga sekitar serta aktivitas kebudayaan yang masih terjaga hingga sekarang. Kamu mesti mengunjungi tempat wisata alam di Jogja Ini, toh harga tiketnya cuma Rp15.000 per orang untuk wisatawan domestik.

Air Terjun Sri Gethuk

Wisata alam Sri Gethuk terletak tidak jauh dari kota Yogyakarta. Menurut ulasan di Google Map, bisa dibilang ini merupakan objek wisata alam yang memiliki rating bagus dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Objek wisata air terjun ini terletak di dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Ya, Sri Gethuk tidak jauh dari objek wisata Nglanggeran.

Tempat wisata alam di Jogja, yaitu Sri Gethuk ini memiliki pesona alam yang sangat refreshing and relaxing. Sebab, kamu dapat merasakannya langsung dengan merendamkan tubuh kamu di Air Terjun ini. Kesegaran air Sungai Oyo merupakan salah satu atarksi yang dapat kamu lakukan di objek wisata ini. Selain itu, kamu pun dapat menyewa rakit untuk menjelajahi keindahan sungai Oyo, yang tampil bak sungai Amazon di Amerika Latin. Tiket masuknya pun hanya sekitar Rp30.000 – Rp50.000, dan kamu sudah mendapatkan fasilitas yang komplet, seperti kamar mandi, toilet, jaket pelampung, dan lain-lain.

Jangan lupa, perhatikan keselamatan selama berlibur di Air Terjun Sri Gethuk. Jaket pelampung harus melekat di tubuhmu sebelum menyicipi kesegaran Surga yang tersembunyi ini (memang jalur menuju tempat wisatanya agak terpencil dan rumit).

Pantai Timang

Wisata alam nomor tiga tak kalah terkenal dengan wisata alam di Jogja lainnya. Objek wisata Pantai Timang mungkin menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit bagi penggemar K-Pop. Sebab, pada 2017, Pantai Timang sempat disambangi oleh dua wisatawan asing asal Korea Selatan. Mereka adalah Lee Kwan Soo dan Jeon So Min, anggota Running Man.

Nah, apakah kamu sudah tahu letak objek wisata alam ini? Ya, Pantai Timang memang terletak cukup jauh dari kota Yogyakarta, sekitar 50 km dari pusat kota. Tempatnya berada di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Gunung Kidul, DIY. Silakan kamu cari di Google Map saja. Pasti nanti juga ketemu.

Meskipun Pantai Timang bukan merupakan objek wisata alam terdekat di Kota Yogyakarta, kamu tidak boleh melewatkan petualangan liburan ke sana. Sebab, pantai yang berada di pesisir selatan Jawa ini menyimpan pesona yang ikonik. Hal yang paling berbeda bukanlah hamparan pasir atau air lautnya, melainkan bukit karang besar atau sering disebut sebagai Pulau Timang. Dan, untuk menuju ke bukit karang tersebut, membutuhkan alat transportasi yang cukup ekstrem, yaitu kereta gantung, semacam gondola tetapi tidak menyentuh air.

Harga tiket masuk ke objek wisata Pantai Timang tergolong sangat bersahabat dengan kantong kamu, yaitu Rp10.000. Namun, apabila kamu ingin merasakan sensasi menyebrang ke Pulau Timang dan menaiki kereta gantung, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp.150.000. Elemen terakhir yang tak kalah penting di Pantai Timang adalah kuliner boga bahari, kamu dapat menikmati kelezatan lobster dengan merogoh kocek sebesar Rp350.000 per kilogram. Lanjut ke objek wisata alam di Jogja lainnya.

Wisata Mangunan

Kawasan wisata alam yang terletak di Kecamatan Dlingo, Bantul ini memang menyimpan seribu pesona yang menyejukkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya, terdapat lebih dari 10 objek wisata keren yang dapat kamu kunjungi, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto zaman now, hingga air terjun yang memanjakan mata. Berikut ini daftar objek wisata alam di Mangunan yang wajib kamu eksplorasi, yaitu Jurang Tembelan, Seribu Batu Songgo Langit, Pinus Pengger, Watu Goyang, Watu Ngadek, Rumah Hobbit Mangunan, Gardu Pandang Pinus Asri, Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Bukit Lintang Sewu, Bukit Panguk Kediwu, Bukit Mojo Gumelem, Tebing Watu Mabur, Puncak Becici, Air Terjun Randusari, dan Grojokan Lepo Dlinggo. Penasaran `kan? Sek sendiri ke lokasi wisatanya ya.

Lava Tour Merapi

Pesona keindahan Gunung Merapi memang tiada duanya. Ketika berlibur di kota Yogyakarta, berpetualang seru di kaki Gunung Merapi dapat menjadi liburan yang menarik sekaligus menegangkan. Lalu, di mana lokasi objek wisata ini? Kamu mesti pergi ke Kaliurang Sleman, di sekitar Jalan Kaliurang km 20 sudah banyak operator mobil Jeep 4 WD yang siap mengantarkan kamu mengeksplorasi sisa-sisa erupsi gunung Merapi tahun 2010 silam. Dan tiket untuk menyewa mobil jeep cukup terjangkau, hanya sekitar 250 ribu – 350 ribu tergantung rute yang dipilih. Satu mobil bisa memuat 4 orang wisatawan.

Tunggu apa lagi, apabila penasaran dan belum merasakan berpetualang dengan mobil Jeep di kaki gunung Merapi, Lava Tour Merapi adalah destinasi wisata alam yang harus kamu rasakan sekali seumur hidupmu jika berkunjung ke Yogyakarta.

Wisata Alam Di Jogja Memang Rajanya

Berwisata di kota Yogyakarta tentunya harus dipersiapkan secara matang-matang. Banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata alam murah dengan fasilitas yang aman dan nyaman. Pastikan liburan kamu menyenangkan, aman, dan nyaman. Salam wisata alam di Jogja.





0 Response to "5 WISATA ALAM MENARIK DI YOGYAKARTA YANG MESTI KAMU KUNJUNGI SEBELUM KAMU MATI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel