MENGAPA LIBURAN DI MASA PANDEMI KORONA ITU PENTING?

Wisata Alam Menoreh Jogja (Sumber: pintuwisata.com)

Merencanakan liburan bersama keluarga maupun teman sebaiknya harus dilakukan jauh-jauh hari. Selain harus mempersiapkan perbekalan dan bujet, Anda pun harus siap mental dan fisik saat menuju objek wisata, apalagi jika berlibur di tempat yang jauh pasca-kebiasaan baru. Kesulitan pun akan bertambah jika anak-anak ikut serta berlibur. Sebab, mereka mesti diawasi ketika berada di objek wisata. Karena itu, Anda harus memahami tiga (3) elemen terpenting ketika mempersiapkan liburan, yaitu transportasi, biaya tiket objek wisata, dan bekal.

Menjalani rutinitas kerja setiap hari memang menjadi prioritas semua orang yang masih berada di usia produktif. Tak ayal, Anda pun sering terlena dengan rutinitas kerja hingga melupakan indahnya dunia ini. Saking cintanya pada pekerjaan yang Anda tekuni, Anda justru terus memikirkan tugas yang harus diselesaikan dan bagaimana agar cepat mendapat promosi jabatan. Anda seakan-akan sedang berkompetisi dengan rekan kerja, bak berada di lintasan pacuan kuda. Sehingga, Anda terkadang tidak sadar telah bekerja bagai kuda, tetapi Anda merasa masih ada hal yang hilang dari diri Anda.

Percayalah perusahaan di tempat Anda kerja dapat menganti pegawainya kapan saja. Jadi, manfaatkanlah waktu senggang Anda untuk berlibur, meskipun harus menabung dulu untuk berlibur. Selain itu, pemerintah juga masih memberlakukan bekerja dari rumah. Tetapi sejak ada kebiasaan baru atau new normal, pemerintah lebih longgar dalam menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Sehingga demi berputarnya roda perekonomian negara, beberapa sektor usaha boleh mempekerjakan para karyawannya kembali.

Dengan adanya pandemi korona ini, Anda tidak hanya harus fokus pada pekerjaan Anda, tetapi Anda juga dituntut untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh sebaik mungkin. Selain mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, serta menerapkan protokol kebiasaan baru, berlibur adalah salah satu aktivitas pendukung yang dapat menjaga tubuh dan pikiran Anda agar tetap sehat dan waras. Jangan sampai dalam kurun waktu satu tahun, Anda kehilangan waktu untuk berlibur karena sibuk bekerja dan mengurus keluarga.

ALASAN MENGAPA BERLIBUR ITU PENTING

Berlibur pas masa pandemi korona memang perlu persiapan ekstra. Sebab, Anda harus tetap menerapkan protokol penanganan covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Lebih baik Anda mempersiapkan liburan jauh-jauh supaya rencana kegiatan liburan tidak menggangu aktivitas Anda lainnya. Tidak menunggu lama-lama lagi, berikut ini alasan mengapa berlibur itu penting, meskipun saat pandemi sekalipun.

Pertama, saat Anda menikmati liburan Anda, sedikit demi sedikit stres dalam diri Anda akan mereda. Anda pun bisa sejenak melupakan kesibukan bekerja dan mengurus keluarga. Rasa stres yang disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk bisa terobati dengan liburan, apalagi jika Anda berlibur bersama rekan kerja Anda.

Kedua, liburan dapat memperbarui prespektif Anda, Anda pasti akan melihat dan menemukan hal-hal baru. Misalnya, saat mengujungi tempat-tempat eksotis seperti pantai, perbukitan hijau, ataupun objek wisata indah lainnya. Anda akan berinteraksi dengan orang baru, mencicipi makanan lezat, dan mencoba melakukan hal baru.

Ketiga, berlibur dapat menjadi momen bagi Anda untuk mengevalusai diri. Pada saat berlibur Anda tidak hanya bisa memanjakan mata maupun memanjakan perut dengan menikmati makanan khas di tempat wisata. Manfaatkanlah momen liburan Anda dengan mengevaluasi diri Anda sendiri. Anda dapat memikirkan langkah-langkah apa saja yang mesti diambil ke depannya. Sehingga, rencana hidup Anda dapat lebih tertata rapi. Selain itu, liburan juga bisa menjadi momen kontemplasi untuk introspeksi diri sendiri dan mengenal diri sendiri lebih jauh.

Keempat, liburan telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas Anda. Sebab, apabila Anda senang, bebas stres, dan sehat, pekerjaan yang Anda lakukan juga dapat diselesaikan secara tuntas dengan hasil maksimal. Karena itu, alokasikan waktu Anda minimal dua bulan sekali untuk berlibur ke objek wisata kesukaan Anda.

Kelima, apabila Anda berlibur secara berkala, kesehatan tubuh dan pikiran Anda akan tetap terjaga. Sebab, liburan yang menyenangkan dapat membuat kesehatan mental dan tubuh lebih kuat daripada orang-orang yang terbelenggu oleh rutinitas.

Jadi, walaupun pandemi korona belum usai, rencanakanlah liburan Anda sekarang juga, supaya tekanan hidup Anda menjadi lebih ringan dan hidup Anda lebih sejahtera. Karena itu, pilihlah paket wisata murah, agar liburan Anda dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Hidupilah momen Anda sekarang juga dengan berlibur. Jangan lupa untuk selalu patuhi aturan pemerintah perihal protokol pencegahan penularan covid-19, saat Anda berlibur.

 

 

0 Response to "MENGAPA LIBURAN DI MASA PANDEMI KORONA ITU PENTING?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel