5 CARA AMPUH MEMPERKUAT SISTEM IMUN TUBUH DI TENGAH PANDEMI

 


Seiring pandemi korona yang berkepanjangan ini masih mengentayangi hidup kita, alangkah baiknya kita senantiasa menjaga kesehatan secara maksimal. Meningkatkan sistem imun tubuh dapat menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan fisik, apalagi jika kita tengah berjuang melawan COVID-19.

Menurut penelitian, faktor risiko utama yang bisa membuat kita terinfeki oleh virus korona adalah usia lanjut, obesitas tubuh, diabetes, hipertensi, penyakit paru-paru, dan sistem imun yang lemah. Maka dari itu, kita tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker scuba, jaga jarak (physical distancing), dan mencuci tangan. Tetapi, kita juga harus meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita.

Camkan baik-baik, apabila kita memiliki sistem imun yang kuat, tubuh kita dapat terhindar dari risiko terpapar oleh virus korona. Sedangkan, apabila sistem imun tubuh kita lemah, kita pun akan kesulitan melawan paparan virus tersebut, sehingga dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita.

Untuk melindungi diri dari paparan virus korona, kita dapat melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah memperkuat sistem imun tubuh. Berikut ini 5 (lima) cara ampuh menjaga imun tubuh tetap kuat di tengah pandemi COVID-19:

1. Tidur Cukup

Tanpa tidur yang cukup, kekuatan imun tubuh kita akan melemah. Sehingga, kita pun akan sering sakit atau merasa nggak enak badan. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan 7 – 9 jam tidur di malam hari. Oleh sebab itu, marilah sekarang juga kita ciptakan kebiasaan tidur sehat di malam hari.

Menjaga mata kita tetap tertutup dan meraih tidur yang nyenyak dan sehat tidaklah sulit. Pertama, atur jadwal tidur kita di malam hari (kurangi bergadang). Kedua, tetaplah aktif dan produktif pada siang hari dengan beraktivitas atau bekerja. Ketiga, kurangilah konsumsi minuman berkafein menjelang waktu tidur di malam hari. Keempat, ciptakanlah nuansa nyaman di kamar dan tempat tidur kita, sehingga kita dapat beristirahat secara maksimal di penghujung hari.

Apabila kita mendapatkan tidur yang cukup, sistem imun dalam tubuh kita pun akan menguat. Sebaliknya, apabila kita kurang tidur di malam hari, sistem imun tubuh kita akan melemah. Indikator sistem imun tubuh yangb lemah karena kurang tidur, yaitu fungsi sel tubuh berkurang, meningkatnya nafsu makan sehingga ingin makan terus, meningkatnya reaksi inflamasi/peradangan, dan kurangnya produksi antibodi. Maka dari itu, marilah kita mulai hidup sehat dengan kebiasaan tidur sehat secara rutin.

2. Menjaga Pola Makan Sehat

Buah-buahan dan sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Nutrisi tersebut dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan molekul-molekul jahat yang bisa membahayakan sel-sel dalam tubuh kita. Jadi, mengonsumsi makanan sehat berupa sayur dan buah sangatlah penting untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh kita.

Mulailah mengonsumsi sayuran dan buah pada saat sarapan di pagi hari. Sehingga siang harinya aktivitas kita dapat berjalan dengan lancar. Asupan nutrisi di pagi hari sangatlah penting untuk memberikan tenaga pada tubuh kita. Kemudian, kurangilah konsumsi makanan instan dan makanan cepat saji, apalagi yang mengadung banyak gula dan pemanis bautan. Mulai sekarang, isilah lemari es dengan stok sayur dan buah yang mengandung banyak nutrisi, seperti brokoli, paprika hijau, bayam, selada, wortel, papaya, jeruk, kiwi, stroberi, dan lain-lain.

3. Kelola Stres

Terkadang stres merupakan hal yang bagus bagi kita. Sebab, itu dapat membantu kita menaklukan setiap tantangan yang akan kita hadapi dalam hidup. Namun, jika stres kita menumpuk dan terlalu lama kita derita, hal itu akan berakibat buruk bagi hidup kita. Sebab, pikiran yang stres terbukti dapat melemahkan sistem imun dalam tubuh kita.

Menjaga sistem imun—tetap kuat—tidak hanya soal kesehatan fisik, tapi pikiran yang bebas stres juga berpengaruh penting bagi kekuatan sistem imun dalam tubuh kita. Usahakan dalam satu minggu, kita memiliki waktu luang untuk relaksasi dan mengistirahatkan pikiran dari hiruk-pikuk persoalan hidup. Kita pun mesti berpikiran positif dan optimis, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Buktikan bahwa peribahasa “badai pasti berlalu” bukanlah isapan jempol belaka. Dengan demikian, seiring pikiran kita positif, pertahanan tubuh kita pun dapat bekerja lebih baik.

Bermacam cara dapat kita lakukan untuk mengelola stres pikiran. Pertama, bermainlah dengan hewan peliharaan, misalnya anjing dan kucing. Mereka bukan hanya kawan main kita ketika di rumah. Menurut penelitian, orang yang punya hewan peliharaan dan menyayanginya, bisa memiliki level tekanan darah dan kolesterol yang lebih rendah (sehat), serta organ jantung yang lebih sehat. Kedua, mengurangi rasa stres dapat dicapai melalui tawa. Hiburlah diri dengan menonton video lucu, film komedi, atau video lawak tunggal. Dengan begitu, ketawa yang kita produksi dapat membuat sistem imun bekerja lebih baik. Ketiga, stres dapat dilawan dengan meditasi. Kita tak perlu repot untuk memulai meditasi. Cukup buka aplikasi YouTube di telepon pintar kita dan cari video tutorial meditasi. Viola! Kita sudah dapat meditasi praktis di rumah saja. Stres hilang, imun pun kuat.     

4. Aktif Berolahraga

Cara menjaga sistem imun tubuh selanjutnya adalah aktif berolahraga. Menurut David Neiman, profesor kesehatan masyarakat dari Appalachian State University, olahraga berpengaruh baik bagi kesehatan dan kekebalan tubuh manusia. Dalam penelitiannya, melakukan 30 menit jalan cepat dapat meningkatkan sirkulasi sel pembunuh patogen alami, sel darah putih, dan pejuang sistem kekebalan lainnya.

Lebih lanjut, sebaiknya olahraga dilakukan secara teratur (minimal 30 menit sehari), sehingga kita dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan dan kebugaran tubuh kita. Apabila bosan dengan olahraga jalan cepat, kita dapat mencoba olahraga murah lainnya, seperti, bersepeda ke pedesaan, senam yoga di rumah, berenang di kolam renang pribadi, atau bahkan jalan sehat keliling rumah.

5. Konsumsi Suplemen

Beberapa suplemen yang sudah terbukti bisa meningkatkan sistem imun tubuh adalah suplemen multivitamin, zinc, elderberry, dan ekstrak jamur maitake. Namun, sebaiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, sebelum mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan harian kita.

Itulah lima cara ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Ingatlah untuk selalu seimbang dan teratur dalam aktivitas, istirahat, dan pola makan kita. Salam sehat!




Referensi:

  1. Koaa.com. Health Expert Offer Tips to Strengthen Your Immune System Amid COVID-19 Pandemic. Diakses pada September, 2020.
  2. Webmd.com. 13 Tips to Strengthen Your Immune System. Diakses pada September, 2020.
  3. Kompas.com. 4 Cara Terbaik meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Menurut Sains. Diakses September, 2020.

 

0 Response to "5 CARA AMPUH MEMPERKUAT SISTEM IMUN TUBUH DI TENGAH PANDEMI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel