INGIN TETAP PRODUKTIF WALAU SEDANG DI RUMAH SAJA? INI CARANYA



Hampir enam bulan kita semua menjalankan aktivitas di rumah. Karena pandemi korona ini belum berakhir, kegiatan yang melibatkan banyak orang masih dilarang. Bahkan, sekolah, universitas, dan perkantoran belum memulai rutinitas seperti biasa. Sebab, kasus positif covid-19 masih tinggi di Indonesia.

Kita harus melewati tahun 2020 ini dengan penuh suka cita. Meskipun ribuan UMKM gulung tikar dan jutaan pekerja di-PHK akibat pandemi korona. Kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap tegar dan sabar melewati hari-hari penuh kecemasan ini. Mungkin ada sebagian dari kita yang kecewa dengan kinerja pemerintah saat ini. Tapi ingatlah untuk menjalani hidup semaksimal mungkin, fokus pada apa yang akan kita capai. Tinggalkan masa lalu sebagai pelajaran yang berharga.

Kehidupan terus berlangsung secara dinamis. Detik berubah menjadi menit. Menit pun berubah jadi jam. Jam berganti jadi hari. Percayalah bahwa kita tetap mendapatkan kebebasan untuk hidup dan meraih kebahagiaan. Sebab, kita masih bisa produktif walaupun aktivitas kita terbatas di rumah saja. Ingatlah bahwa menjadi produktif di rumah tidaklah mustahil.

Sebelum kita mengetahui bagaimana menjadi produktif di masa pandemi, khusunya produktif di rumah, apa arti produktif itu?

Menurut Ensiklopedia Britannia, produktif adalah salah satu kegiatan yang dicapai dengan pengorbanan yang dikeluarkan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menjadi produktif adalah kemampuan untuk menghasilkan suatu daya untuk berproduksi. Kita dapat menyimpulkan bahwa menjadi produktif adalah ketika kita mencurahkan daya dan kemampuan kita secara maksimal untuk menghasilkan produk, progres, dan perkembangan.

Berikut ini adalah delapan (8) aktivitas yang dapat membuat kita tetap produktif di rumah selama masa pandemi:

1. Produktif Memasak

Saat sedang di rumah saja, sempatkanlah untuk memulai aktivitas di dapur. Masaklah makananmu dan dapatkan lebih banyak nutrisi untuk hidup yang lebih sehat. Kita pun dapat mencoba resep makanan yang baru dari Cookpad. Memasak makanan sendiri memang lebih baik daripada jajan di luar atau mengonsumsi makanan instan. Melakukan eksperimen di dapur sah-sah saja, apalagi bagi perempuan. Siapa sangka saat kita mencoba memasak makanan, dan ternyata enak dan disukai keluarga kita, kita bisa mencoba menawarkannya kepada kerabat dan teman-teman kita.

2. Produktif Berolahraga

Walaupun kita hanya di rumah saja, olahraga di rumah dapat menjadi kegiatan alteratif agar kita tetap produktif. Banyak olahraga di rumah tanpa alat yang bisa kita praktekkan. Sehingga, olahraga produktif ini dapat menghasilkan tubuh yang sehat dan proposional. Berikut ini adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, yaitu jogging, jumping jack, push up, yoga, leg lift, sit up, angkat beban, dan squat.

3. Produktif Meditasi

Meskipun sedang beraktivitas di rumah, kadang tubuh dan pikiran kita dilanda rasa capai.  Karenanya, pekerjaan rumah kita jadi terbengkalai. Kita dapat mengatasi hal tersebut dengan meditasi. Mengapa meditasi? Sebab, meditasi adalah aktivitas yang tepat agar kita tetap produkltif di rumah. Melalui meditasi, kita dapat mengontol emosi dan mengurangi rasa stres. Sehingga, tubuh dan pikiran kita akan lebih fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berbagai macam meditasi yang dapat kita coba adalah; meditasi chakra, meditasi suara primordial, meditasi zen, dan lain sebagainya. Kita bisa meluangkan wakti sekitar 30 menit untuk bermeditasi untuk memperoleh pikiran yang tenang bebas stres dan rasa cemas.

4. Produktif Membaca Buku

Salah satu aktivitas yang dapat mempertajam daya pikir adalah membaca. Sebuah buku tidak hanya menyajikan ilmu kepada kita. Akan tetapi, sebuah buku adalah jendela menuju dunia yang tak batas. Luangkanlah waktu di rumah selama kurang lebih 2 jam dengan membaca. Kita bisa mendesain sudut rumah kita sebagai tempat nyaman untuk membaca. Sebagai salah satu hal yang bisa mendukung aktivitas kita membaca, kita bisa menambahkan secangkir kopi dan sepiring biskuit. Pilihlah buku bacaan yang menarik mulai dari fiksi, sejarah, filsafat, hingga buku tetang bagaimana memulai sesuatu. Alhasil, wawasan kita akan bertambah dengan membaca. Dan yang paling penting kita tetap produktif walaupun hanya di rumah.  

5. Produktif Menonton Film

Siapa bilang menonton film merupakan kegiatan yang produktif? Jangan salah? Film tidak hanya memberikan hiburan bagi kita, tetapi film juga menawarkan nilai-nilai penting yang dapat kita pelajari bagi kehidupan kita. Sebagai contoh, lihatlah lebih dalam kehidupan karakter utama dalam sebuah film. Nilai moral pasti tersajikan di setiap adegan yang memperlihatkan sang pemeran utama tersebut. Menonton film dapat menjadi aktivitas yang produktif asalkan kita bisa mengambil nilai dari film tersebut. Selain itu, menonton film juga merupakan salah satu budaya popular yang mesti kita pertahankan. Sebab, selain terhibur, kita juga bisa memberikan analisis dan kritik terhadap film yang kita tonton.

6. Produktif Berkebun

Minimnya lahan tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk berkebun. Kita bisa tetap produktif di rumah dengan berkebun. Dewasa ini teknik berkebun sudah berkembang lebih baik. Sebagai contoh, kita dapat memulai menanam tanaman apotek hidup dan sayur-sayuran (sawi, cabai, terong, bayam, dll) dengan teknik hidroponik. Selain menghemat ruang, teknik bertanam ini juga bisa menghemat biaya belanja bulanan kita. Sebab, kita sudah mendapatkan sumber makan, yaitu sayur dari tanaman yang kita tanam. Mulailah berkebun sekarang juga, pelajari ilmunya, dan praktekkan teknik berkebun di ruangan terbatas. Dijamin produktivitas kita dalam berkebun tidak akan sia-sia.

7. Produktif Menulis

Nah, setelah kita memperbanyak wawasan kita dalam membaca buku, bebaskanlah pikiran kita dengan menulis. Selain mempertajam daya ingat, kita juga dapat mengekspresikan diri kita lebih jauh lagi. Salurkanlah bakat menulis pada platform daring seperti Wattpad dan Storial.Co! Siapa tahu bakat kita dapat berkembang dengan menulis karya fiksi maupun artikel. Ingatlah, menulis di rumah hanya membutuhkan laptop dan jaringan internet. Dan ingatlah, menulis juga bisa menjadi kebiasaan yang sangat produktif.

8. Produktif Berbisnis Daring

Sekarang transaksi penjual dan pembeli terjadi secara daring. Lebih banyak pembeli yang bertransaksi secara daring. Kita dapat memanfaatkan peluang emas ini dengan berbisnis online/daring. Sebagai awalan, kita bisa menjadi reseller suatu produk. Kemudian, kita bisa memanfaatkan e-commerce semacam Tokopedia dan Shopee untuk mempromosikan produk kita. Selain itu, manfaatkanlah media sosial sebagai sarana untuk menggaet calon konsumen dan menjaga hubungan baik dengan mereka. Lebih baiknya lagi apabila kita mempunyai produk hasil karya sendiri. Kita dapat membangun merek melalui posting Instagram dan media sosial lainnya. Modal berbisnis dari rumah tidaklah mahal. Cukup dengan gawai (telepon pintar + laptop) dan akses internet, kita dapat menjangkau calon konsumen di seluruh negeri, bahkan dunia.

Itulah delapan aktivitas produktif yang dapat kita lakukan di rumah. Apabila tidak kita mulai sekarang, terus kapan kita akan memulainya? Mulailah berproduktif dengan memulai melakukan hal-hal kecil. Plato pernah berkata bahwa lebih baik menyelesaikan hal kecil, daripada melakukan hal besar secara tidak tuntas. Salam produktif!

 

0 Response to "INGIN TETAP PRODUKTIF WALAU SEDANG DI RUMAH SAJA? INI CARANYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel