PATUHI ATURAN TEPAT MEMAKAI MASKER DI TENGAH PANDEMI

 

(Sumber gambar: medicalxpress.com)

Saat ini, memakai masker adalah suatu kewajiban yang mesti dipatuhi. Maka, penyebaran virus korona dapat diminimalkan. Apabila Anda akan keluar rumah, pastikan Anda memakai masker secara tepat. Niscaya, Anda akan terbiasa dengan kebiasaan baru ini.

Menurut Mark Mayes, Kepala Perawat di Rumah Sakit UCHealth Memorial Colorado, Amerika Serikat, sebelum memegang masker untuk dipakai, pastikan tangan Anda bersih. Anda dapat menggunakan hand sanitizer beralkohol atau mencuci tangan Anda dengan sabun cuci tangan. Kemudian, ketika akan memakai masker, pegang masker pada bagian tali masker, jangan sekali-kali memenggang bagian depan masker.

Saat hendak melepas masker, Anda pun harus membersikan tangan Anda dengan hand sanitizer atau sabun cuci tangan. Lantas, pegang bagian tali masker. Jangan sampai tangan Anda menyentuh bagian depan masker maupun bagian dalam masker di mana Anda bernapas. Dengan demikian, tangan Anda akan terbebas dari droplet dan partikel yang terdapat pada masker yang telah Anda pakai tersebut.

Mark menambahkan bahwa saat memakai masker, pastikan mulut dan hidung Anda tertutup dan terlindungi dengan sempurna. Kemudian, Anda tidak boleh membiarkan masker yang Anda kenakan melorot dan hidung Anda terekspose. Sebab, hal ini sama saja dengan tak memakai masker dan Anda akan membiarkan droplet keluar dari hidung Anda.

Kemudian, gunakanlah masker kain atau masker medis, sesuai anjuran dari pemerintah. Hindari menggunakan masker scuba atau buff.  Cucilah masker kain setiap kali selesai memakainya. Dan masker medis hanya boleh digunakan sekali pakai, segera buang ke tempat sampah setelah Anda selesai memakainya.

Memakai masker secara baik dan benar memang dapat mengurangi risiko tertular COVID-19. Sebab, ketika Anda memakai masker di tempat umum, Anda tidak hanya menjaga diri Anda sendiri tetapi Anda juga melindungi orang lain yang mungkin lebih berisiko tertular COVID-19. Karena itu, mulailah terapkan kebiasaan baru memakai masker dengan tepat dan benar sekarang juga. Jagalah diri kita sendiri dan juga orang lain di sekitar kita.

0 Response to "PATUHI ATURAN TEPAT MEMAKAI MASKER DI TENGAH PANDEMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel