3 TIPS AMAN BELANJA ONLINE

 

belanja online aman (Sumber gambar: pixabay.com)

Seiring berkembangnya teknologi informatika, kegiatan berbelanja dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Saat ini pertemuan antara penjual dan pembeli tidak perlu dilakukan lagi. Sebab, lokapasar (marketplace) sudah berbentuk digital. Kamu pun tak perlu repot-repot pergi ke mal atau swalayan serba ada, hanya untuk membeli satu botol kecil krim malam. Bahkan, belanja sembako dapat dilakukan via online, seperti lewat layanan GoShop Gojek atau layanan belanja online toserba lainnya. Di Indonesia sendiri, kehadiran e-commerce, seperti, JD.ID, OLX, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat pada umumnya, tak terkecuali para pelaku UMKM dan pengusaha. Bahkan, setiap 12 Desember masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Sekarang ini, siapa sih yang enggak belanja online? Kamu pun pasti pernah melakukannya? Hanya lewat sentuhan jari saja, kamu sudah bisa mendapatkan barang/produk yang kamu inginkan ataupun butuhkan. Akan tetapi, sebagai konsumen yang pandai dan bijak kamu juga harus bisa berhati-hati, ketika melakukan transaksi jual-beli secara daring. Sebab, saat ini kasus penipuan belanja online masih kerap ditemui, seperti barang tidak sesuai ekspektasi, produknya bajakan, hingga barang tidak dikirimkan. So, simak artikel ini sampai selesai, agar kamu tak mudah tertipu penjual atau Olshop nakal.

Inilah 3 Tips Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Belanja Online  

Pastikan belanja di online shop tepercaya

Bagi sebagian orang-mungkin kamu salah satunya-belanja online murah telah menjadi gaya hidup baru di era industri 4.0 ini. Selain bisa mendapatkan segala jenis produk dari A-Z, adanya penawaran berupa potongan harga dan gratis ongkos kirim juga membuat orang-orang berbondong-bondong belanja secara daring. Maka, sebelum kamu mulai berbelanja, pastikan kamu memilih toko online tepercaya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengecek alamat riilnya di Google Map. Kemudian, hubungi CS atau layanan pelanggannya. Apabila CS-nya responsif, bisa dipastikan olshop itu bisa dipercaya.

Baca deskripsi dan ulasan produk secara saksama

Untuk mengecek apakah toko online yang kamu kunjungi menjual produk original, lihatlah deskripsi dan ulasan produknya. Pastikan deskripsi produk; harga, bahan, stok, dan manfaatnya terpampang dengan jelas dan detail. Lantas, cek pula ulasan produk dari pelanggan lainnya. Jika produk yang hendak kamu beli mempunyai skor di atas angka 4 dan direviu secara bagus secara testimonial, bisa dipastikan produk dari toko online itu berkualitas dan bagus. Sehingga, kamu pun tidak perlu ragu lagi untuk membeli produknya. Dan ingatlah baik-baik, jangan sampai kamu tertipu oleh produk bajakan karena harganya murah. Sebab, produk yang berkualitas buruk alias bajakan biasanya dibanderol dengan harga miring.

Pilih metode pembayaran yang aman

Agar transaksi belanja online aman, cobalah untuk melakukan pembayaran secara COD (cash on delivery). Dengan kata lain, kamu membayar barang yang kamu beli secara langsung pas saat barang itu kamu dapatkan. Apabila COD tidak bisa dilakukan, kamu bisa melakukan pembayaran lewat perantara, seperti layanan pembayaran via gerai retail (Indomaret atau Alfamart). Kedua metode pembayaran itu lebih aman daripada transfer debit atau lewat kartu kredit, sebab bisa berisiko terkurasnya isi tabungan atau tercurinya nomor kartu kredit.

Inilah Rekomendasi Online Shop Untuk Belanja Online Buku-buku Berkualitas

Bagi kamu yang ingin belanja online buku-buku novel, agama Islam, pengembangan diri, sejarah, buku anak, buku bisnis, dan lain sebagainya, kamu tak perlu menanti promo 12.12 dari marketplace kenamaan di Indonesia. Saat ini kamu bisa mendapatkan buku-buku berkualitas tersebut dengan harga terjangkau melalui situs web www.anakhebatindonesia.com. Toko buku online asal Yogyakarta ini mempunyai berbagai macam jenis promo dan diskon menarik. Selain itu, kamu juga akan dilayani secara baik dan ramah, sebab layanan pelanggannya begitu responsif dan helpful. Jadi, tunggu apa lagi, yuk belanja online sekarang juga di toko buku online Anak Hebat Indonesia.


*) Artikel ini sudah ditayangkan di situs web anakhebatindonesia.com

0 Response to "3 TIPS AMAN BELANJA ONLINE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel