3 RAHASIA UTAMA UNTUK MENJAGA TUBUH AGAR TETAP FIT SELAMA RAMADAN, NOMOR 2 WAJIB ANDA TAHU


Sumber gambar: unsplash.com

Ramadan adalah bulan khusus yang mewajibkan umat Muslimyang mampuuntuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari di ufuk barat. Selama bulan suci ini, tentu kita masih dan akan melakukan aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, mengurus rumah, dan lain-lain. Terkadang kita kerap merasa lesu dan kurang bersemangat ketika tengah hari selama bulan Ramadan. Akibatnya, produktivitas kita jadi terhambat dan ibadah pun kurang bersemangat.

Tak dimungkiri, menjaga tubuh agar tetap fit, segar, dan semangat selama bulan yang penuh berkah sangatlah penting. Sehingga, kita masih bisa menjaga semangat Ramadan dan produktivitas kita sehari-hari.  

Maka dari itu, simaklah 3 rahasia menjaga tubuh agar tetap fit dan beraktivitas secara maksimal selama bulan suci Ramadan berikut ini:

1. Niatkan pikiran dan jiwa untuk berpuasa, sebab pikiran kita juga akan memengaruhi kondisi tubuh kita.

Tentu puasa kita harus didasarkan pada niat yang tulus karena Allah Swt. semata. Dengan demikian, kita telah meneguhkan jiwa dan pikiran kita untuk siap berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari di ufuk barat. Dasar dari perintah membaca niat puasa pada waktu antara malam hingga menjelang terbit fajar adalah hadis yang memuat sabda Rasulullah SAW:

Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah).

Jadi, agar kondisi tubuh bisa tetap fit, kita harus memantapkan niat terlebih dahulu. Apabila niat positif untuk menunaikan ibadah puasa sudah terpatri di kepala dan hati kita, tubuh kita pun akan meresponsnya secara positif pula. Selain itu, niat berpuasa ini juga akan menjauhkan diri kita dari berbagai godaan yang berpotensi membatalkan puasa kita.

2. Konsumsi makanan yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Jangan jadikan waktu berbuka (iftar) sebagai balas dendam untuk mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Kurangilah konsumsi karbohidrat ketika berbuka. Sebaiknya santap makanan yang tinggi nutrisi dan serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Tiga buah kurma dan segelas air putih bagus untuk mengawali berbuka, sebagaimana yang telah disunahkan oleh Nabi Muhammad saw. 

Selain itu, makanan manis seperti sop buah dan kolak juga dapat direkomendasikan sebagai menu buka puasa, karena mengandung vitamin, nutrisi, dan energi yang cukup bagi tubuh kita daripada makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Lantas, porsi makan buka puasa yang cukup juga tidak akan membuatmu mudah menguap dan mengantuk sehingga kita dapat menunaikan ibadah shalat tarawih dan tadarus Al-Quran dengan semangat di malam harinya.  

3. Konsumsi air putih secara cukup dan jangan lupa istirahat.

Selama kurang lebih 11-12 jam tubuh kita tidak terhidrasi, ketika kita menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu, cukupi asupan air putih pada saat berbuka puasa. Ingatlah untuk meminum 2 gelas air putih pas buka puasa, 2 gelas air putih sebelum tidur, dan 4 gelas pas waktu sahur. Dengan demikian, pada siang harinya tubuh kita akan tetap bugar dan fit untuk melakukan berbagai aktivitas.

Nah, tips tambahan sekaligus terakhir agar tetap bugar selama puasa adalah meluangkan waktu sekitar 1-2 jam di siang hari untuk istirahat. Kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur siang sejenak atau sekadar merebahkan badan. Apalagi, tidur lebih baik dibandingkan dengan tidak tidur tetapi melakukan perbuatan yang justru dapat membatalkan puasa. Jadi, biasakan untuk istirahat cukup di siang hari selama berpuasa Ramadan atau puasa sunah lainnya. Alhasil, selain ibadah puasa menjadi lancar dan insyaallah diridai Allah, tapi produktivitas kita pun tidak akan terbatas.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

Oleh: Arif Ishartadi

0 Response to "3 RAHASIA UTAMA UNTUK MENJAGA TUBUH AGAR TETAP FIT SELAMA RAMADAN, NOMOR 2 WAJIB ANDA TAHU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel