5 BAHASA ASING YANG WAJIB KAMU KUASAI SELAIN BAHASA INGGRIS

(Sumber gambar: unsplash.com)

Mempunyai kemampuan bahasa asing tentunya sangat menguntungkan untuk masa depan. Apalagi di zaman industri 4.0 ini, persaingan global menuntut kamu agar bisa terus maju dan berkembang agar tidak ketinggalan dari bangsa lain. Jadi, menguasai bahasa asing bisa membuka peluang karier yang lebih besar. Selain harus bisa fasih dalam bahasa Inggris, kamu juga harus membekali diri dengan minimal satu bahasa luar negeri lainnya. Sehingga, kamu tak akan tersisih dari kompetisi global yang semakin ketat dan profesional.

Apabila kamu bisa mengerti ucapan orang asing, tentunya kamu bisa lebih memahami maksud dan perasaannya. Lantas, komunikasi dua arah yang kamu jalin dengan orang asing itu akan semakin hangat dan akrab. Dan, mereka pun akan semakin menghargai dirimu, karena kamu bisa menggunakan bahasa ibu mereka. Dengan kata lain, kemampuan berbahasa asing adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Selain Bahasa Inggris, Ini Dia 5 Bahasa Asing Yang Wajib Kamu Kuasai

Pertama, bahasa Mandarin. Sebagai negera dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, jumlah penutur bahasa Mandarin mencapai angka sekitar 1,39 miliar jiwa. Tiongkok adalah salah satu negara dengan perekonomian yang besar dan maju di kawasan Asia. Tak ayal, Tiongkok juga menjalin kerja sama bidang ekonomi dan bisnis dengan pemerintah Indonesia. Alhasil, peluang berkariermu akan terbuka lebar, karena perluasan bisnis dan investor Tiongkok telah mencapai Tanah Air. Belajar bahasa asing, seperti bahasa Mandarin juga membuka peluang bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Tiongkok maupun Taiwan. Selain itu, Negeri Tirai Bambu ini juga mempunyai kualitas pendidikan tinggi yang mumpuni. Apabila kamu tertarik mengenyam pendidikan S-1 hingga S-3 di sana, kamu wajib belajar bahasa Mandarin sejak dini.

Kedua, bahasa Arab. Saat ini jumlah penutur bahasa Arab adalah sekitar 280 juta orang. Dan, bahasa Arab menempati peringkat ke-4 sebagai bahasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, khususnya di Timur Tengah, Afrika Bagian Utara, dan sebagian negara di benua Eropa. Sebagai penghasil minyak terbesar di dunia, negara-negara Arab juga menjalin hubungan perekonomian dengan pemerintah Indonesia. Dengan belajar bahasa Arab, kamu bisa ikut serta membantu kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dan negera-negara di Timur Tengah. Bagi umat Islam, belajar bahasa Arab juga sangat penting untuk mendalami ajaran agama Islam serta memahami Al-Quran.

Ketiga, bahasa Korea. Bangsa Korea yang memiliki penutur sekitar 80 juta orang berhasil menarik perhatian dunia, termasuk Indonesia. Hal ini berkat hallyu (gelombang budaya Korea), seperti drama Korea, kuliner, dan tentu saja musik K-Pop. Alhasil, animo masyarakat Indonesia untuk mempelajari bahasa Korea pun sangat tinggi, khusus dari kawula muda. Selain itu, perekonomian negara Korea menempati peringkat ke-13 di dunia. Jika kamu ingin belajar, bekerja, atau bepergian ke Korea Selatan, kamu harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan belajar bahasa pilihan, bahasa Korea.

Keempat, bahasa Jepang. Sebagai salah satu negara di benua Asia dengan laju perekonomian yang pesat, Jepang memberikan andil besar dalam perkembangan ekonomi dunia. Selain itu, Negeri Matahari Terbit ini juga menjadi kiblat budaya populer di dunia, seperti musik, film, dan anime. Tak ayal, minat masyarakat Indonesia untuk mempelajari bahasa Jepang sangat tinggi. Kemudian, Jepang juga telah melebarkan ekspansi bisnis di Indonesia. Banyak perusahaan otomotif yang membuka pabrik di Tanah Air. Dengan menguasai bahasa Jepang, kamu pun bisa membuka peluang besar untuk berkarier di industri otomotif, salah satunya sebagai penerjemah. Selain itu, Negeri Samurai ini juga mempunyai sistem pendidikan yang bagus. Sehingga, bila kamu hendak kuliah di Jepang, kamu wajib menguasai bahasa Jepang dari sekarang.

Kelima, bahasa Prancis. Penutur bahasa Prancis di seluruh dunia mencapai 220 juta. Selain bahasa Inggris, bahasa Prancis juga banyak digunakan oleh bangsa Eropa. Lalu, kamu juga akan mempunyai kesempatan emas untuk ikut serta dalam industri pariwisata, sebab wisatawan asal Prancis juga kerap mengunjugi Indonesia untuk berlibur. Negeri Menara Eiffel ini juga mempunyai sekolah-sekolah unggulan dalam bidang seni, budaya, kuliner, dan fesyen. Sudah wajib rasanya bagimu untuk belajar bahasa Prancis, apabila kamu ingin melanjutkan studi ke negara beribukota Paris itu.

Semoga kamu bisa menentukan satu atau dua bahasa asing yang ingin kamu kuasai selain bahasa Inggris, setelah membaca tulisan ini.

Cara Mendapatkan Rekomendasi Buku Penunjang Belajar Bahasa Asing

Tak lengkap rasanya jika belajar bahasa asing tanpa menggunakan buku penunjang yang memberikan materi lengkap. Apabila kamu belum memiliki referensi buku belajar bahasa asing yang berkualitas, silakan cek laman situs web toko buku online terfavorit melalui tautan ini. Kamu pun bisa memilih buku-buku berkualitas untuk belajar bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, dan bahasa Prancis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk tingkatkan kemampuan diri dengan belajar bahasa asing sekarang juga.


*) Artikel ini telah ditayang di anakhebatindonesia.com

0 Response to "5 BAHASA ASING YANG WAJIB KAMU KUASAI SELAIN BAHASA INGGRIS "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel