5 PERMAINAN TEBAK KATA YANG TAK KALAH SERU DARIPADA WORDLE

(Sumber gambar: unsplash.com)

Awali pagi harimu dengan main tebak kata online agar otakmu makin encer dan siap menghadapi hari.

Mengawali esok pagi sebelum menjalani rutinitas sehari-hari bisa dilakukan dengan olahraga atau peregangan tubuh selama 30 menit. Namun, tidak hanya organ tubuh yang butuh olahraga di setiap pagi hari. Kita pun mesti melatih otak agar selalu segar dan siap menghadapi hari secara maksimal. Salah satu metode mudah untuk melatih kesehatan otakmu adalah menyelesaikan permainan Wordle. Permainan tebak kata yang berbasis situs web ini belakangan tengah viral di media sosial. Josh Wardle selaku pencipta games tebak kata online ini pun meraup untung setelah New York Times mengakuisisinya. Memang, keseruan gim tebak kata ini bisa dimainkan oleh siapa saja dan tentunya terdapat kepuasan tersendiri setelah kamu berhasil menjawabnya dengan benar.

Cara Main Games Tebak Kata Online Wordle

Aturan main tebak kata online Wordle cukup simpel dan tidak perlu menguras keringat apalagi bikin overthinking. Kamu cukup menebak kosakata bahasa Inggris yang terdiri dari 5 huruf. Lantas, kamu disediakan 6 kali kesempatan saja untuk mencoba menjawabnya dengan benar. Setiap tebakan yang berhasil kamu masukkan ke dalam kotak huruf yang telah disediakan akan semakin membuatmu lebih dekat dengan jawaban yang tepat. Nah, apabila warna kota pada huruf yang kamu masukkan berwarna biru, huruf dalam kata tersebut terdapat pada jawaban yang benar dan berada  di posisi yang tepat. Sementara itu, jika hurufnya berwarna oranye, huruf pada kata tersebut terdapat pada jawaban yang benar tapi berada di urutan posisi yang keliru.

Semakin hari, games tebak kata online makin digemari oleh setiap kalangan, terutama pelajar dan pegawai kantoran. Apalagi, kamu bisa memainkannya via peramban di HP-mu atau melalui PC maupun laptop di tempat kerjamu. Mungkin kamu juga akan merasa ketagihan setelah memainkannya. Kamu pun bisa membagikan hasil jawabanmu ke akun media sosialmu sembari flexing ria. Akan tetapi, games tebak kata Wordle hanya bisa dimainkan sekali dalam 24 jam. Artinya, kamu harus menunggu hari esok untuk bisa menebak kata baru yang terdiri dari lima huruf.

Nah, apabila kamu mau memainkan game tebak kata online yang sejenis seperti Wordle, kamu wajib mencoba lima (5) gim tebak kata berikut ini sembari sarapan atau memberi makan majikan kesayanganmu (baca: kucing).

5 Games Tebak Kata Online yang Tak Kalah Seru daripada Wordle 

1. Katla

Katla bisa juga disebut sebagai Wordle-nya Indonesia. Game tebak kata Indonesia ini dikembangkan oleh Fatih Katlifa, seorang teknisi perangkat lunak yang masih terbilang muda. Pada mulanya, ia hanya ingin mengembangkan Katla untuk hiburan pribadi saja, karena ia ingin bermain Wordle versi bahasa Indonesia. Gim tebak gambar yang dikembangkannya ini dirancang berdasarkan kosakata yang terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Meskipun pihak KBBI tidak ingin ada pihak ketiga yang meraup untung dari properti mereka, nyatanya para pemain games tebak kata ini cukup banyak. Selain mudah diakses, game ini juga ringan dan menghibur. Toh, jika kamu salah menjawabnya, kamu masih bisa belajar kosakata baru dari gim ini.

Sistem permainan Katla tidak jauh berbeda dari saudara jauhnya, Wordle. Tentu, yang membedakan adalah kata yang mesti kamu tebak. Menariknya, para pemain games tebak kata online ini kerap membagikan kisi-kisi untuk setiap kata yang telah mereka jawab di media sosial dalam bentuk meme.

2. Dordle

Ketika pengemar gim tebak kata sudah merasa kurang puas dan ingin memainkannya lagi, Dordle adalah permainan level lanjutan yang wajib kamu coba. Dordle atau Double Wordle tidak hanya menawarkan level games tebak kata online biasa seperti sepupu mereka, Wordle dan Katla, tetapi gim yang bisa diakses secara gratis ini juga memberikan tingkat kesulitan ganda, alias double damage-nya.

Bila kamu memainkan gim gratisan ini, kamu mesti menjawab kata dalam dua kolom sekaligus. Lebih sulitnya lagi, kamu hanya disediakan tujuh kesempatan untuk mencoba menebaknya dengan benar. Secara keseluruhan, main tebak kata online via Dordle membutuhkan usaha ekstra, karena sejatinya kamu hanya diberikan 3 kali kesempatan untuk menebak setiap katanya. Tapi tenang saja, karena gim yang dikembangkan oleh Guilherme S. Töw ini juga dilengkapi mode latihan yang bisa kamu mainkan setiap saat.

Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi bilamana ingin menemukan strategi terbaik untuk menyelesaikan games tebak kata online ini.

3. Quordle 

Ketenaran gim Wordle pun belakangan ini semakin mencolok, khususnya di kalangan muda-mudi milenial dan generasi Z. Apalagi, games tebak kata online tengah menjamur di internet, termasuk gim tebak kata yang menuntut kamu untuk menebak 4 jawaban sekaligus, yaitu Quordle. Nah, Quordle ini hadir sebagai versi sulit Wordle. Tingkat kesulitannya bak seperti menafkahi 4 istri sekaligus. Memang, kamu diharuskan untuk mampu menjawabnya dengan hanya diberikan 9 kesempatan menebak. Selebihnya, aturannya sama seperti saat main tebak kata online kaya Dordle dan Wordle.

Kesempatanmu untuk menjawab gim Quordle bisa dibilang lebih cepat, lantaran dari 26 alfabet dalam bahasa Inggris kamu bisa segera menemukan huruf yang tepat dan menebak jawabannya.

4. Lewdle

Lewdle adalah salah satu games tebak kata online yang mengharuskan pemainnya untuk menebak kata-kata kotor dalam bahasa Inggris. Apakah kamu ingat salah satu episode yang bertajuk “Sailor Mouth” dari animasi Spongebob Squarepants yang menyajikan adegan percakapan antara Sponge Bob dan Patrick yang memakai kata sisipan (kata-kata kotor terlarang)? Ya, enam belas kata kotor terlarang yang diucapkan mereka mungkin adalah jawaban yang mesti kamu tebak dalam permainan ini. Tapi tenang, apabila kamu berhasil menjawab kata kotor dalam games tebak kata online ini, kamu tidak akan mendapatkan hukuman “mengecat rumah”, seperti Si Spons Kuning dan Si Bintang Laut.

Dengan enam kesempatan, kamu mesti membuka perbendaharaan kotor dalam bahasa Inggris agar bisa main tebak kata online, Lewdle, dan menyelesaikannya.

Meskipun sistem permainannya mirip Wordle dan kawan-kawannya, tapi permainan tebak kata kotor Lewdle tidak disarankan bagi kamu yang mudah tersinggung dengan hal-hal tabu dan jorok. Permainan seru ini bisa dibilang sebuah guilty pleasure yang bermanfaat untuk selalu melatih otakmu berkonsentrasi mencari jawaban benar, yaitu kata kotor yang terdiri dari 5 huruf.

5. Batangan

Permainan tebak gambar terakhir yang tak kalah seru dari Wordle adalah game tebak kata Indonesia lainnya, yaitu Batangan. Ini merupakan permainan tebak-tebakan kata dalam bahasa Jawa yang dikembangkan oleh Lantip, seorang pemrogram sekaligus desainer. Berdasarkan pada utasnya di akun Twitter, @lantip, Batangan didesain berdasarkan kamus bahasa Jawa (bausastra) yang disusun oleh W.J.S. Poerwadarminto pada 1939.  

Sejatinya, kemunculan gim Batangan merupakan angin segar bagi ranah pendidikan bahasa Jawa. Sebab, kamu tidak hanya dapat belajar bahasa Jawa dengan lebih menyenangkan, sembari menebak jawaban yang tepat dalam game tebak kata online ini, tapi kamu juga turut melestarikan bahasa Jawa sebagai warisan bangsa Indonesia.

Buah Manfaat yang Dipetik dari Games Tebak Kata Online

Animo untuk memainkan games tebak kata online secara harian sedikit demi sedikit dapat tumbuh di dalam dirimu, jika kamu tahu manfaat bermain tebak kata bagi kesehatan otakmu. Dilansir dari apnnews.com, apabila kamu berhasil menebak jawaban tepat dari games tebak kata online ini, beberapa manfaat positif pun dapat kamu rasakan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan daya konsentrasi, menguatkan memori otak, meningkatkan kemampuan kognitif, dan menjaga kesehatan mental. Jadi, kamu tak perlu kocek berlebih hanya untuk healing di objek wisata favoritmu, karena games tebak kata online siap menemani menghadapi hari yang penuh tantangan.


Penulis: Arif Ishartadi

0 Response to "5 PERMAINAN TEBAK KATA YANG TAK KALAH SERU DARIPADA WORDLE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel